Monday, December 18, 2006

Berserulah Kepada Isa Almasih

Oleh: Bode Haryanto Tarigan

Indonesia mengenal lumpur panas di Jawa Timur, sebagai lumpur panas LapindoBrantas. Yang sesungguhnya adalah lumpur panas bumi. Hingga saat ini penagananlumpur panas tersebut dapat diangap gagal, walaupun pengendaliannya dengandibuang ke laut bukan lah berarti menyelesaikan masalah tetapi hanya sekedarmemindahkan masalah atau bahkan memperluas masalah.Kerohanian (alternatif).Berbagai upaya pengetahuan teknis telah dicoba namun hasilnya nihil, bahkanilmuan memperkirakan lumpur ini akan mengalir terus 10 hingga 30 tahun, membuatmasyarakat sekitar sumur tidak dapat membayangkan apa jadinya lingkungan mereka.Upaya-upaya ini bukan saja telah mengakibatkan banyak menghabiskan biaya tetapijuga mental dan keyakinan bangsa ini.Dengan keterbatasan ilmu pengetahuan dan kurangnya pengalaman dalammenyelesaikan masalah ini, sehingga ada yang mengusulkan upaya alternatif denganmenggundang paranormal atau sejenisnya untuk membantu dengan kekuatansupranatural yang mereka miliki.

Sebagai Negara berazaskan Pancasila danmengakui Tuhan YME sesungguhnya ini adalah suatu hal yang dapat diangap tidakpantas dan menyesatkan, tetapi demikianlah manusia yang selalu berpikiran pintasbila sedang ditimpa masalah seperti ini. Tak hayal lagi sang Presiden sempatberujar telah merasa gamang memimpin Negara yang tidak habis dirundung bencanaini.Begitu banyaknya kasus yang telah terjadi secara beruntun dan berulang daribencana alam, kecelakaan, perang antar penduduk dan penyakit demi penyakit,seharusnya sudah sepantasnya membuat kita kembali ke hati nurani dan mencarisecara rohani kehendak Ilahi bagi setiap umat manusia yang percaya akan Allahsang khalik. Seharusnya sudah saatnya kita melihat posisi yang tidakmenguntungkan ini sebagai pelajaran dari Sang pencipta langit dan bumi sertaisinya, dalam arti disaat kita coba mengandalkan tenaga dan pikiran dan akhirnyasirna dengan datangnya bencana-demi bencana yang membuat kita sudah sepantasnya sujud dan memohon kepadan Nya.

Jika kita cermati kasus lumpur panas adalah bencana yang bersumber dari perut bumi maka kita sudah sepantasnya kembali keSang pencipta bumi, yang telah membentangkan langit, dan meletakkan dasar bumisemesta alam. Nabi Isa Almasih dan MukzijatAllah khalik langit dan bumi telah mengenalkan ketuhanan melalui nabi-nabi danrasul-rasulNya. Isa Almasih anak Mariam adalah salah satu nabi yang memiliki kemampuan untuk menaklukkan lagit dan bumi. Ia lah nabi yang bolehmengendalikan badai dan gelombang, menciptakan yang tidak ada menjadi ada,bahkan Ia mampu memberikan nyawa bagi mahluk hidup dan mati, dan banyak mukjizatlainnya di lakukannya di atas bumi. Keungulan sang Nabi ini diantaranya adalah diyakini oleh lebih dari setengah umat dunia telah terangkat/naik ke sorga, juga nabi yang diyakini akan datang sebagai hakim bagi semua umat manusia dansaat ini bersama Allah YME berada di Sorga mulia.Kita memiliki keyakinan bahwa saat ini sang Nabi ini yang paling dekat denganAllah khalik langit dan bumi dan isinya. Apalah salahnya kita mencoba berseru kepadanya Isa Almasih yang di Sorga sang pembawa mukzijat yang luar biasasang hakim kami, bantulah bangsa Indonesia ini, dalam menghadapi berbagaimasalah khususnya lumpur panas dari perut bumi ini, kami meminta kepadaMu kepadaTuhan Mu yang adalah Tuhan kami, Sang pencipta langit dan bumi agar memberikanmukzijat untuk menghentikan bencana-bencana ini, tolonglah kami di Indonesiaini, karena kehendakmulah yang jadi dan dihadapan Mu tiada yang mustahil.

Bencana untuk Bersatu

Kadang kala mungkin kita tidak sadar bahwa bencana-bencana yang terjadi diIndonesia, meminta kita agar besatu, bergandengan tangan, agar kita semakintegar dalam mengisi masa depan bangsa, membangun bersama-sama dan sama-samaterbangun. Kita sebaiknya mencoba mengurangi hal-hal yang dapat menjadikanpembatas dalam kebersamaan kita seperti masalah agama dan kesukuan. Mulailahbelajar melihat kesempatan yang masih ada ini dengan menjauhkan perbedaan danmemperbesar persamaan.Tidak ada salahnya kita mencari persamaan sebagai sesama umat beragama, berdoadan meyembah Allah Sang pencipta didalam nama Isa Almasih sang hakim akhir zamanbagi seluruh umat manusia. Hal ini adalah jauh lebih mulia meminta bersama-samademi keselamatan bangsa dan negara secara rohani secara bersama-sama menembusbatas agama. Dan janganlah membiarkan paranormal memangil roh-roh lain yangtidak dikenal yang tentunya akan melukai hati Allah yang pencemburu sesuaidengan apa yang ditulis dalam kitab Taurat nabi Musa.Penutup.Pendekatan rohaniah dengan meminta rido Tuhan YME melalui sang Nabi pembawamukzijat serta dilanjutkannya upaya teknis dalam penghentian lumpur panas bumi,diharapkan dapat membuat bangsa ini tetap yakin dan semangat bahwa kita adalahbangsa yang siap menyongsong masa depan tanpa mengorbankan dasar Negara dankeyakinan kepada Tuhan YME. Kita juga berharap mukzijat Ilahi dapat menutupsumur lumpur panas tersebut dalam waktu yang lebih singkat.

(Penulis adalahPermerhati masalah Rohani dan Lingkungan, staf pengajar salah satu PTN di Medan,dan sedang menempuh pendidikan Doktor di Taiwan).

No comments: